Tips Agar Tidak Boros

Banyak orang yang bilang bahwa hemat itu adalah pelit, irit, dan sebagainya. Jangan percaya, Itu MITOS!

Hemat adalah di mana kamu bisa menggunakan uang yang kamu miliki dengan sebaik-baiknya dan secermat-cermatnya alias nggak boros di saat banyak godaan yang justru datang menghampiri kamu.

Emang nggak mudah seperti yang dibayangkan, sih. Tapi kamu bisa intip beberapa kiat mudah ini untuk mengatur keuangan kamu agar nggak boros menurut situs penaqolbi.com . Keep In View!

1. Menabung

Yup, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menabung. Jika saat ini uang yang kamu punya masih berasal dari pemberian orang tua, atau mungkin kamu sudah punya penghasilan sendiri dari usaha kamu, mulai sekarang coba kamu biasakan untuk menyisihkan sebagian uang tersebut.

Sisihkan uang yang kamu punya dengan nominal yang kamu tentukan sendiri besarnya. Nggak harus dalam jumlah yang besar, yang penting uang tersebut wajib kamu sisihkan setiap hari secara konsisten. Lagi pula, nggak ada salahnya kamu sisihkan sedikit, kan lama-lama nanti menjadi bukit, iya! Bukit uang~ 🙂

2. Atur prioritas

Hal yang kedua adalah atur prioritas. Kalau kamu dihadapkan pada berbagai pilihan, tentukan mana yang harus kamu ambil ya. Bijaklah untuk memilih dan menentukan mana yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Bedakan antara keinginan dan kebutuhan kamu. Jangan karena mengikuti hawa nafsu, kamu belanja berlebihan pada hal-hal yang sebenarnya bukan kebutuhan kamu.

Jangan sampai kamu menyesal sendiri ketika suatu waktu hal yang harus kamu penuhi tidak bisa kamu lakukan, karena budget yang kamu punya sudah habis. Intinya, jangan malu kalau nggak beli apa-apa di saat kamu nyuci mata, daripada kamu nggak punya persediaan uang ditanggal tua. Iya, kan? hehehe.

3. Tentukan pengeluaran

Nah, cara agar kamu nggak boros, kamu harus menentukan pengeluaran harian atau mingguan kamu. Buatlah rancangan pengeluaran kamu dalam sehari atau seminggu.

Dengan demikian, kamu lebih terencana dalam memanfatkan dan menghabiskan uang yang kamu punya. Kamu juga jadi bisa mengontrol keuangan kamu dengan baik. Seandainya pengeluaran kamu melebihi ambang batas yang sudah ditentukan, sudah saatnya kamu belajar untuk mulai mengerem pengeluaran kamu ya!

4. Bawa uang pas

Nah, ini kamu banget kan ya hahaha. Jadi, cara selanjutnya agar kamu nggak boros, yaitu dengan membawa uang pas ke mana pun kamu pergi. Dengan membawa uang pas, dijamin deh kamu akan lebih selektif untuk menentukan apa-apa saja yang harus kamu beli. Kamu juga nggak mudah tergoda ketika teman kamu mengajak kamu untuk berbelanja atau hang out.

Selain itu, kamu juga nggak sembarangan menghabiskan uang kamu. Jadi, dengan membawa uang pas, nggak ada lagi nih ucapan “Kok uang aku tinggal segini, ya”, karena kamu membawa uang sesuai dengan keperluan dan kebutuhan kamu, bukan membawa uang semuanya dan menghabiskan semuanya pula.

5. Jangan gengsi

Yang satu ini penting banget untuk nggak kamu lewatkan, jangan gengsi. Kebanyakan orang sekarang kan lebih sering mengikuti tren atau gaya hidup yang berlebihan meski dengan budget yang pas-pasan, semoga kamu bukan termasuk golongan orang yang seperti itu ya, hehe..

Kamu nggak boleh gengsi terhadap apa pun. Misalnya, nggak ada salahnya makan di warteg, nggak ada salahnya beli baju bukan yang mahal. Intinya, jangan malu untuk melakukan itu semua, karena yang harus kamu lakukan adalah apa yang kamu butuhkan, bukan apa yang harus diperlihatkan. So, buang jauh-jauh kata gengsi terhadap apa pun!

So, udah siap dong ya untuk mengatur keuangan agar lebih terencana dan nggak boros lagi. Intinya, cara-cara di atas dilakukan agar kamu tetap hemat, bukan irit apalagi pelit, karena mulai sekarang kamu harus bijak mengatur segala keperluan dan kebutuhan.

“Mendapatkan uang seperti menggali dengan jarum. Menghabiskan uang seperti air meresap ke pasir.” ~anonym

Uncategorized

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*