Candi Sewu

Candi Sewu, Aktivitas, Harga Tiket, Akses

Candi Sewu adalah bangunan peninggalan abad ke-8 yang berlokasi di Jawa Tengah. Alamatnya di Desa Bugis, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Lokasinya dekat dengan Candi Prambanan, sehingga memasuki bagian dari kompleks wisata bersejarah Prambanan. Sementara itu, di kompleks Prambanan ada juga candi lain, yaitu Bubrah, Lumbung dan beberapa candi lainnya.

Berdasarkan fakta sejarah, pembangunan candi Sewu dilakukan atas perintah Rakai Panangkaran dan Pikatan, dua influencer selama Kerajaan Mataram pada saat itu. Mereka adalah orang Hindu, tetapi pengaruhnya sangat kuat di Rumah Syailendra, yang beragama Buddha.

Ini didasarkan pada isi prasasti andesit yang ditemukan di Kuil Perwara. Penulisan prasasti-prasasti tersebut dalam bentuk Melayu kuno dalam bingkai 792 Saka. Bukti sejarah dan lokasi mereka yang sangat dekat memberikan fakta bahwa pada saat itu agama Buddha dan Hindu dapat rukun dan saling berhubungan satu sama lain.

Nama Candi Sewu diambil dari kata Jawa sewu, yang berarti ribuan. Ini menunjukkan bahwa kelompok Candi Sewu sangat mirip dengan seribu, meskipun tidak mencapai 1000 kelompok. Lebih tepatnya, hanya ada sekitar 249 kelompok candi, yang terdiri dari 1 candi utama, 8 buah candi yang mengapit, dan 240 candi perwara.

Baca juga : https://websiteriau.co.id/sewa-bus-semarang

Untuk candi utama sendiri berada di tengah yang diapit oleh candi penjepit dan perwara. Ada 4 pintu untuk memasuki halaman luar, yaitu selatan, barat, utara dan juga timur.

Akses ke Candi Sewu

  • Dari bandara

Keluar dari gerbang bandara utama dengan kereta bawah tanah, kemudian naik bus Trans Jogja, bayar sekitar Rp3.000, turun di halte bus Prambanan, lalu berjalan karena tempatnya tidak jauh

  • Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Naik kereta Prameks seharga Rp10.000, lalu turun dari bandara, lalu naik bus trans jogja dan bayar Rp3.000, turun di halte bus Prambanan lalu berjalan karena tidak jauh berapa toleransi beragama saat itu.

Biaya masuk ke kuil Sewu

Harga tiket masuk ke Candi Sewu karena tempatnya dekat dengan Candi Prambanan umumnya disediakan paket. Untuk harga berbeda untuk anak-anak dan juga orang dewasa. Berikut detailnya:

Harga tiket: dewasa Rp. 40.000
Anak-anak Rp. 20.000

Baca juga : https://websiteriau.co.id/sewa-bus-pariwisata-pekanbaru

Aktivitas di Candi Sewu

  • Nikmati matahari terbit dan terbenam

Menikmati pesona matahari terbit dan terbenam sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Keindahannya dapat memanjakan mata kita dan bagi mereka yang suka memotretnya akan menjadi objek fotografi yang luar biasa untuk diabadikan. Dan bagi wisatawan yang mencari tempat untuk berburu matahari terbit dan terbenam, disarankan untuk mengunjungi Candi Sewu pada waktu itu.

  • Difoto

Di kompleks Candi Sewu ini, wisatawan dapat menemukan pohon rindang yang besar dan dapat digunakan sebagai foto objek wisata. Tampilan pepohonan hati-hati berbaris membentuk garis simetris. Selain kombinasi yang sangat cocok dan alami yang harus dinikmati wisatawan ketika mereka berada di candi Sewu ini.

  • Mempelajari sejarah dan budaya

Pendirian bangunan Candi Sewu tidak akan terlepas dari sejarah dan budaya Indonesia. Kuil tidak terpisahkan dari penyebab agama di daerah tersebut. Sebagai manusia biasa, kita masih perlu melestarikan peninggalan prasejarah.

Demikianlah, artikel tentang Candi Sewu, semoga artikel ini dapat membantu Anda ketika Anda pergi berlibur ke Candi Sewu. Itu saja dan terima kasih.

Uncategorized

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*